Kesehatan

5 Cara Mengatasi Sakit Gigi pada Anak

5 Cara Mengatasi Sakit Gigi pada Anak

Sakit gigi merupakan penyakit yang sangat mengganggu. Gangguan kesehatan yang satu ini dapat terjadi pada orang dewasa maupun anak-anak. Sakit gigi pada anak-anak dapat terjadi saat masa gigi bungsu goyah dan tanggal kemudian digantikan oleh gigi dewasa. Gigi berlubang juga dapat menjadi masalah lain pada gigi anak. Berikut ini cara mengatasi sakit gigi pada anak.

Kumur Air Hangat

Kumur segelas air hangat dapat menjadi pertolongan pertama saat anak merasakan sakit gigi. Berkumur dengan segelas air hangat mampu meredakan nyeri. Untuk mencegah pertumbuhan bakteri dalam gigi, Anda dapat menambahkan sejumput garam ke dalam air hangat. Selain menggunakan larutan air garam, Anda juga dapat menggunakan daun thyme.

Gunakan daun thyme kering, rebus daun bersama air hingga mendidih. Kemudian saring dan mintalah anak berkumur. Ulangi berkumur hingga beberapa kali sampai nyeri akibat sakit gigi kembali sembuh dan hilang.

Jeruk Nipis

Kandungan vitamin C yang cukup tinggi dalam jeruk nipis dapat dimanfaatkan sebagai pertolongan pertama saat anak mengalami sakit gigi. Iris jeruk nipis dengan ukuran kecil-kecil, lalu Anda dapat menempelkan irisan jeruk nipis tersebut pada bagian gigi anak yang sakit.

Meredakan sakit gigi dengan cara ini direkomendasikan untuk anak-anak yang gemar makan buah asam seperti lemon dan jeruk nipis. Menempelkan potongan jeruk nipis pada bagian gigi anak yang sakit perlu dilakukan berulang hingga sakit gigi berangsur sembuh.

Essential Oils

Sudah sejak lama essential oils dikenal sebagai bahan natural yang bermanfaat untuk menyembuhkan penyakit. Sama seperti bahan alami sebelumnya, essential oils dapat dijadikan obat kumur alami sebagai pereda nyeri gigi. Campurkan 3 tetes essential oils dalam segelas air berukuran 250 – 300 ml.

Selain dengan cara berkumur, Anda dapat menggunakan kapas yang ditetesi setetes essential oils   untuk ditempelkan pada bagian gigi yang sakit. Jenis essential oils yang dapat Anda gunakan sebagai pereda sakit gigi anak adalah clove oil dan peppermint oil.

Kompres Menggunakan Air Dingin

Tidak jarang ditemui pipi anak terlihat bengkak akibat gigi atau gusi yang bermasalah. Mengompres pipi menggunakan air dingin adalah salah satu solusi mengatasi permasalah tersebut. Anda juga dapat menggunakan es batu yang dibungkus dalam handuk kecil untuk mengompres bagian pipi yang membengkak akibat sakit gigi.

Obat Pereda Nyeri

Pemberian obat pereda nyeri juga dapat menjadi solusi untuk mengobati sakit gigi pada anak. Obat pereda nyeri dapat membantu mengurangi sakit gigi karena sistem kerjanya menghambat saraf penyebab nyeri pada gigi. Perhatikan pemberian obat pereda nyeri terhadap anak, terlebih lagi jika anak Anda memiliki alergi atau bermasalah dengan asam lambung.

Jika permasalahan sakit gigi pada anak telah sembuh, sebagai orang tua Anda harus mengajarkan cara merawat gigi yang baik kepada anak. Ajari anak untuk membiasakan diri menggosok gigi 2 kali sehari. Membersihkan dan merawat gigi dengan baik dapat dilakukan dengan cara menggosok gigi di pagi hari setelah sarapan dan malam hari sebelum tidur.

Cara selanjutnya untuk mencegah sakit gigi adalah dengan memastikan kecukupan fluoride pada gigi anak. Fluoride berperan penting untuk menggantikan mineral pada gigi yang telah hilang. Memberikan pasta gigi dengan fluoride untuk sikat gigi anak adalah solusinya. Pepsodent.com adalah salah satu merek pasta gigi terpercaya yang mengandung fluoride dengan kadar yang tepat untuk anak.

Nah, itulah beberapa cara yang dapat Anda lakukan dalam cara mengatasi sakit gigi pada anak. Pemeriksaan rutin ke dokter ahli gigi juga wajib dilakukan sebagai upaya pencegahan sakit gigi. Biasakan anak Anda untuk memeriksakan gigi setiap 6 bulan sekali.

About Author

Keberhasilan adalah kemampuan untuk melewati dan mengatasi dari satu kegagalan ke kegagalan berikutnya tanpa kehilangan semangat.

Comment here