Kesehatan

5 Makanan Sehat Pelancar Haid

Haid atau menstruasi tidak lancar adalah kondisi ketikasiklusmenstruasimenjadi lebih lambat, lebih cepat, lewat beberapa bulan, atau bahkan tidak terjadi sama sekali. Pokoknya serba tak teratur. Asal tahu,haidadalah proses luruhnya dinding rahim yang disertai dengan perdarahan, biasanya terjadi selama 3 7 hari. Sewajarnya siklus haidterjadi setiap 28 36 hari dan berlangsung sebanyak 11 13 kali dalam satu tahun.

Tiap wanita mengalami siklus menstruasi yang berbeda beda, bisa lebih pendek atau lebih panjang. Menstruasi dikatakan tidak lancar atau tidak teratur apabila siklus terjadi kurang dari 21 hari atau lebih dari 35 hari. Selain itu menstruasi dikelompokkan tidak lancar bila lamanya menstruasi berubah ubah setiap bulannya.

Volume darah yang tidak sama, kadang banyak dan kadang sedikit, juga merupakan salah satu bentuk menstruasi tidak lancar. Siklus menstruasi merupakan salah satu hal yang dialami secara berbeda beda oleh wanita, ada yang teratur namun ada juga yang tidak. Normalnya, periode menstruasi berlangsung selama 3 5 hari, sedangkan siklus menstruasi dapat bervariasi dari 28 30 hari.

Siklus menstruasi dapat diukur dari tanggal pertama periode pada bulan lalu sampai periode berikutnya. Beberapa hal yang dapat memengaruhi siklus menstruasi ini adalah gaya hidup tidak sehat, merokok, minum alkohol, olahraga yang berlebihan, dan konsumsi obat obatan. Makanan yang dikonsumsi seseorang juga dapat menentukan siklus menstruasi yang dimilikinya ini. Dikutip dari Health and Healthy Living, berikut sejumlah makanansehat pelancar haid.

Salah satu jenis sayuran hijau ini sangat efektif sebagai makanan sehat pelancar haid karena kandungan zat besi yang dimilikinya. Untuk mempertahankan siklus menstruasi yang teratur, sertakan brokoli dalam menu harian. Makanan ini merupakan sumber makanan yang sangat kaya kalsium dan vitamin D. Selain dapat memperkuat tulang, salmon dapat meningkatkan dan menstabilkan hormon sehingga bisa membantusebagai makanan sehat pelancar haid.

Sayuran berdaun hijau yang sehat dan bergizi penting untuk disertakan jika kamu ingin memiliki siklus menstruasi yang lancar. Bayam, asparagus, dan brokoli merupakan sayuran sehat yang dapat membantu memperlancar siklus menstruasi. Ikan kaya dengan asam lemak omega 3 dan merkuri yang baik untuk tubuh dan sebagai makanan sehat pelancar haid.

Asam lemak omega 3 melindungi pembuluh darah di ovarium dari kerusakan yang dapat menunda menstruasi. Mengonsumsi ikan atau minyak ikan dapat memperlancar siklus menstruasi. Yoghurt adalah produk susu yang kaya dengan kalsium dan protein.Kita dapat mengonsumsi yoghurt setiap hari. Selain baik untuk usus karena mengandung probiotik, yoghurt juga bagus untuk memperlancarsiklusmenstruasi.

Kelima makanandi atas selain mampu memperlancarsiklusmenstruasijuga mampu memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh. Konsumsi seluruh makanan tersebut secara rutin untuk mendapat manfaat luar biasanya.

About Author

Keberhasilan adalah kemampuan untuk melewati dan mengatasi dari satu kegagalan ke kegagalan berikutnya tanpa kehilangan semangat.

Comment here