Kesehatan

6 Makanan yang Bisa Picu Migrain, Ada Daging Olahan hingga Pemanis Buatan

Kamu sering migran atau sakit kepala sebelah? Bisa jadi makanan atau minuman yang kamu konsumsi menjadi pemicu migran ini muncul. Monosodium Glutamate (MSG) dapat memicu terjadinya mograon atau sakit kepala sebelah.

The American Migraine Foundation mencatat sebanyak 10 15% orang mengalami sakit kepala migrain setelah mengonsumsi makanan yang mengandung MSG. Sebuah penelitian menemukan bahwa makanan dingin dapat memicu migrain pada 74% dari 76 penderita migrain yang berpartisipasi dalam penelitian tersebut. Sedangkan, hanya sebanyak 32% partisipan yang menderita sakit kepala non migrain dapat mengalami sakit setelah mengonsumsi makanan dingin.

Kalian pasti mengenal beberapa daging olahan seperti hamburger, sosis, bacon, dan bakso. Selain enak ternyata daging olahan dapat memicu migrain lho. Ini dikarenakan ada beberapa kandungan pada daging olahan yang dapat memicu sakit kepala yakni tyramine yang diproduksi oleh banyak makanan termasuk daging.

Selain itu, pada daging olahan juga kerap ditemukan nitrate, bahan pengawet daging yang dapat menjadi pemicu sakit kepala. Dilansir dari Reader’s Digest, FDA menuturkan bahwa mereka telah menerima komplain dari konsumsi aspartam yang menyebabkan beberapa gejala seperti pusing dan sakit kepala. Walaupun konsumsi aspartam dibolehkan, namun berbagai instansi kesehatan menekankan bahwa konsumsi aspartam dianggap tidak berbahaya asalkan tidak dikonsumsi lebih dari 50 mg per hari.

Sebagian penderita migrain mungkin sensitif terhadap aspartam. Pengaruhnya mungkin berbeda antar individu. Kamu pasti sudah tak asing dengan keju, ya keju biasa ditemukan pada pizza, pasta, martabak, kue cubit, satay, kopi, teh, dan masih banyak lagi.

Sayangnya, sama seperti daging, keju juga memproduksi tyramine saat protein pada keju terpecah. Semakin tua umur suatu keju, semakin banyak pula kadar tyramine yang ada di dalamnya. Beberapa jenis keju yang paling banyak memiliki tyramine adalah Swiss, chedddar, gouda, dan parmesan.

Menurut American Migraine Foundation , cokelat merupakan pemicu migrain paling umum kedua setelah alkohol. Sekitar 22% orang yang mengalami migrain menganggap cokelat sebagai salah satu pemicunya. Mereka merasakan migrain setelah makan cokelat.

Ini mungkin tidak terjadi pada semua orang. Namun, bagi kamu yang merasa migrain setelah makan cokelat, mungkin harus menghindari makan cokelat dalam jumlah banyak. Kandungan feniletilamin dan kafein dalam cokelat bisa menjadi alasan mengapa cokelat memicu migrain.

About Author

Keberhasilan adalah kemampuan untuk melewati dan mengatasi dari satu kegagalan ke kegagalan berikutnya tanpa kehilangan semangat.

Comment here