Internasional

7 Tahun Kemudian Bungkam Perundung dengan Penampilannya Kisah Gadis umur 12 Tahun Jadi Korban Bully

Setiap manusia memiliki transformasi atau perubahan sendiri sendiri atas tubuhnya. Ada yang mengubah penampilannya karena termotivasi sesuatu. Atau tak sedikit pula yang mati matian mengubah penampilannya menjadi lebih baik karena masa lalu yang buruk.

Hal itulah yang dialami gadis Malaysia bernama Nur Balqis Ainnisha ini. Ia tak menyangka fotonya di Twitter yang memperlihatkan perubahan wajahnya bisa viral dan menuai banyak komentar netizen. Dalam foto itu gadis yang akrab disapa Qis ini menyandingkan fotonya ketika usia 12 tahun dengan fotonya saat berusia 19 tahun atau saat ini.

Terlihat Qis yang dulu masih duduk di sekolah dasar masih polos. Bandingkan sekarang, Qis tampak modis dan sudah mengenal make up sehingga terlihat cantik. Mahasiswi Universiti Malaya ini lantas bercerita di balik foto masa lalunya itu.

Rupanya Qis ketika masih berusia 12 tahun menjadi korban bully teman temannya sendiri. Selama 7 tahun ia memendam penderitaan itu dan bertekad agar menjadi lebih baik. "Mungkin dulu orang tak memandang saya. Dulu saya juga kurang memperhatikan diri sendiri, karena terlalu menurut dengan orang lain sampai diperguna."

Ia merasa wajahnya tak menarik sejak anak anak. Antara lain karena saat kecil ia tak pandai merawat diri sendiri. "Mulai umur 6 tahun saya merasa wajah saya kurang menarik. Bahkan dulu berat badan saya 62 kg sekarang 50 kg. Itu membuat saya merasa lebih percaya diri," tambah Qis.

Qis lalu menambahkan hal apa yang ia lakukan hingga bisa seperti sekarang ini. "Karena dulu merasa orang tak menganggap saya, saya lalu memutuskan diet dan melakukan perawatan kulit dengan skin care," kata Qis. Meskipun fotonya viral dan mengundang pujian dari pengguna Twitter, Qis merasa ia masih sama seperti dulu.

Ia hanya merasa penampilannya kini lebih terawat dibandingkan dulu, bukan lebih cantik. Qis sendiri memiliki pesan untuk orang orang yang tidak dianggap di pergaulannya. Menurutnya, orang orang harus memiliki teman yang tepat untuk mengembangkan diri mereka.

Lantas bagaimana tips nya? "Blok saja orang yang Anda anggap toxic. Bersahabatlah dengan orang baik dan mau menolong kita. Pergaulan saya sekarang sudah oke, tidak ada lagi yang bully." "Ada orang yang dulu pernah bully saya, sekarang dia sudah minta maaf. Saya bukan tipe pendendam. Yang penting kita berbaik hati dengan orang, jagalah hati orang," pungkasnya.

Beberapa waktu belakangan, nama Kalista Iskandar mendadak menjadi pembicaraan publik. Hal itu terkait momen keikutsertaannya dalam ajang Puteri Indonesia 2020. Saat mendapat pertanyaan dari dewan juri, Kalista Iskandar tidak bisa menyebutkan Pancasila secara benar, siapa ia?

Salah satu finalis Puteri Indonesia 2020 membuat heboh karena gagal menyebutkan kelima sila Pancasila. Padahal sebenarnya perempuan 21 tahun ini memiliki banyak prestasi. Tak hanya jadi finalis Puteri Indonesia, sebelumnya Kalista Iskandar juga jadi Puteri Batik Nusantara 2018.

Kalista Iskandar sendiri sudah buka suara soal ia tak hafal sila kelima Pancasila. Ia berujar faktor guguplah yang membuatnya 'berantakan' saat meyebut sila keempat dan kelima. "Hal terbesar yang dapat diambil dari malam ini adalah tidak apa apa untuk (merasa) gugup selama kamu terus mengangkat kepalamu dan tetap bangga pada dirimu," demikian dalam bahasa Indonesia.

Kalista menambahkan bahwa ia tak ingin terlalu memikirkan kesalahannya itu. Ia mengaku masih sangat bangga pada pencapaiannya sejauh ini. Kalista Iskandar pantas saja berbangga dengan dirinya sendiri.

Sebab ternyata ia sudah melewati banyak tahap untuk pencapaiannya seperti sekarang ini. Tak melulu soal prestasi di ajang kontes, tapi juga perjuangannya mengubah penampilan. Selepas viral, Kalista Iskandar memposting foto transformasinya sebelum dan sesudah ikut Puteri Indonesia 2020.

Foto itu diunggah Kalista di akun Instagramnya beberapa hari lalu. Slide pertama menampilkan potret Kalista Iskandar yang tampil glamor dan cantik dengan tubuh ideal. Sementara slide kedua menampilkan fotonya dulu saat tubuh masih berisi dan tanpa make up sama sekali.

"Saya tidak pernah bermimpi bisa berada di tempat saya sekarang. Saya telah menempuh perjalanan yang panjang sejak SMP (siap siap saat anda menggeser ke kanan) dan telah menjalani cukup banyak kehidupan untuk mengetahui bagaimana berkat datang dalam berbagai bentuk dan wujud," tulis Kalista di Instagram, Jumat (13/3). Kalista menambahkan, ia adalah salah satu wanita yang beruntung karena dipertemukan dengan banyak orang hebat.

"Perjalanan ini sangat tak terduga, dipenuhi dengan cinta, tawa, dan banyak kesadaran diri yang tidak dapat saya selesaikan tanpa ajaran dan bantuan dari orang orang yang telah membuat dampak signifikan dalam hidup saya. Oh, betapa berkahnya bisa bertemu dengan jiwa jiwa yang luar biasa dan baik hati ini," ungkap Kalista. Dalam unggahannya itu, Kalista Iskandar juga mengucapkan terimakasih kepada sejumlah pihak.

Salah satunya adalah istri Gubernur Sumatera Barat, Nevi Irwan Prayitno. Sontak saja, netizen yang melihat transformasi Kalista Iskandar ini merasa kaget. Mereka juga memuji Kalista Iskandar yang bisa berubah drastis hingga bisa tembus ajang Putri Indonesia 2020.

About Author

Keberhasilan adalah kemampuan untuk melewati dan mengatasi dari satu kegagalan ke kegagalan berikutnya tanpa kehilangan semangat.

Comment here