Metropolitan

Alasan Anies Belum hendak Umumkan Nilai Paket Bansos Tahap II

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan masih belum mau menginformasikan komposisi maupun nilai paket bantuan sosial (bansos) tahap II. Katanya, soal nilai paket akan diumumkan bersamaan dengan Kementerian Sosial (Kemensos) supaya tak terkesan sepihak. "Nanti diumumkan bareng dengan Kemensos, biar tidak sepihak saya," ungkap Anies usai hadiri rapat paripurna di Gedung DPRD DKI, Jalan Kebon Sirih, Jakarta Pusat Selasa (12/5/2020).

Diketahui berdasarkan Keputusan Gubernur DKI Nomor 386 Tahun 2020 tentang penerima bantuan sosial, nilai paket bansos fase I kemarin sebesar Rp149.500. Angka itu sudah termasuk biaya pengiriman dan pengemasan per paket per kepala keluarga. Isinya, antara lain 1 karung beras 5 kg, 2 kaleng bahan makanan berprotein, 1 bungkus minyak goreng 0,9 liter, 2 bungkus biskuit, 2 buah masker kain, dan 2 batang sabun mandi.

Adapun target penerimanya sebanyak 1.194.633 kepala keluarga domisili di Jakarta, serta terdata sebagai warga miskin dan rentan miskin imbas dari terganggunya perekonomian karena wabah corona. Anies menegaskan jumlah calon penerima bantuan fase II bakal lebih banyak dari daftar penerima fase I kemarin. Saat ini proses verifikasi masih berada di tingkat RW. Usai verifikasi tingkat RW rampung, data calon peneria akan dikembalikan ke pihak Pemprov DKI.

Selanjutnya akan disinkronisasi kembali dengan milik Kemensos, dan kemudian diumumkan. "Nanti sesudah selesai dengan Kemensos, kita umumkan jumlahnya. Tapi ya jumlahnya jadi lebih banyak," ujarnya.

About Author

Keberhasilan adalah kemampuan untuk melewati dan mengatasi dari satu kegagalan ke kegagalan berikutnya tanpa kehilangan semangat.

Comment here