Internasional

Anggota Keluarga Kerajaan Inggris Dilarang Berfoto Selfie, Apa Alasannya?

Setiap anggota keluarga kerajaan Inggris tentu diwajibkan untuk mematuhi peraturan dan larangan yang ketat. Tak terkecuali bagi Kate Middleton dan Meghan Markle. Satu di antara peraturan ketat tersebut adalah larangan bagi anggota keluarga Kerajaan Inggris untuk berswafoto (selfie) dengan penggemar atau orang lain.

Setiap peraturan atau larangan tentu dibuat dengan alasan tertentu. Memang ada beberapa aturan Kerajaan Inggris yang sesekali dilanggar anggotanya, seperti mendiang Putri Diana yang berjabat tangan dengan masyarakat biasa. Akan tetapi, di kalangan keluarga Kerajaan Inggris, larangan foto selfie benar benar tidak ada yang melanggar.

Lalu apa yang menjadi alasan larangan bagi anggota Kerajaan Inggris untuk mengambil foto selfie? Hal ini diungkap oleh seorang penggemar Kerajaan Inggris Greg Agnew yang pernah menghadiri pesta kebun di Buckingham Palace pada Mei 2017. Mengutip laman This is Insider, Greg mengungkapkan semua orang yang hadir dalam pesta tersebut tidak boleh berswafoto dengan anggota keluarga Kerajaan Inggris karena itu dianggap tidak sopan.

"Satu hal yang paling banyak mereka bicarakan adalah tidak boleh selfie, dan alasannya adalah mereka tidak ingin orang orang memunggungi para anggota keluarga Kerajaan Inggris dan Ratu Elizabeth II. Dan itu adalah hal yang sangat penting bagi mereka," jelas Greg Agnew. Greg Agnew yang juga merupakan investor di berbagai perusahaan seperti Apple, Google, dan Facebook menambahkan, para penggemar tidak diperbolehkan untuk mendekati Kate Middleton dan Pangeran William yang saat itu juga hadir di pesta kebun. "Anda tidak boleh membelakangi para anggota keluarga Kerajaan Inggris dan tidak boleh berusaha mendekati dan mengajak mereka ngobrol," tambah Greg.

Greg Agnew juga memaparkan lebih lanjut, "Ada orang orang yang bertugas berkeliling dan memilih siapa yang boleh mengobrol dengan para anggota keluarga Kerajaan Inggris. Orang orang itu sudah dipilih dan ditempatkan secara strategis setiap beberapa ratus meter atau sekitar itu, dan anggota keluarga Kerajaan Inggris yang akan mendekati dan mengobrol dengan satu kelompok, baru kemudian beralih ke kelompok lain." Meskipun pihak Buckingham Palace belum secara resmi memberikan komentar terhadap klaim ini, larangan tersebut memang sudah dikonfirmasi oleh Meghan Markle. Dalam kesempatan royal walking tour pertamanya di Nottingham, Inggris setelah bertunangan dengan Pangeran Harry pada 2017, ada pasangan yang meminta Duchess of Sussex untuk berfoto.

Namun, Meghan Markle menjawab mereka, "Kami tidak boleh melakukan foto selfie." Menurut komentator Kerajaan Inggris CCN Victoria Arbiter, swafoto alias selfie memang sangat tidak diperbolehkan di kalangan anggota kerajaan. "Para anggota kerajaan lebih memilih interaksi personal dibandingkan membuat orang orang meminta selfie," kata Victoria.

Victoria menambahkan, "Jadi jika satu kali permintaan selfie saja dituruti, itu bakal berlebihan." Selain itu, dari sudut pandang keamanan, itu bukanlah sesuatu yang ideal karena mereka membutuhkan kedekatan tertentu. Kerajaan Inggris menyambut lahirnya anggota baru, anak pertama Pangeran Harry dan Meghan Markle.

Putra Pangeran Harry dan Meghan Markle lahir pada Senin (6/5/2019) pukul 05:26 pagi waktu setempat. Dua hari pasca kelahiran anak mereka, Pangeran Harry dan Meghan Markle telah mengumumkan nama sang bayi lewat akun Instagram resmi @sussexroyal pada Rabu (8/5/2019) kemarin. Yakni, Archie Harrison Mountbatten Windsor.

Pengumuman nama Baby Sussex tersebut dicantumkan dalam unggahan foto di mana Ratu Elizabeth II melihat cicitnya yang sedang digendong Meghan Markle. Tampak pula Pangeran Harry, Pangeran Philip, dan ibunda Meghan Markle, Doria Ragland. Seperti anggota kerajaan lainnya, termasuk para sepupunya, nama putra pertama Pangeran Harry memiliki makna khusus.

Namun, nama tersebut tidak memiliki referensi sebanyak nama anggota kerajaan lainnya. Mengutip laman This is Insider, nama anak Pangeran Harry, Archie merupakan nama bayi Skotlandia yang berarti 'sejati dan berani' ( genuine and bold ). Sementara Harrison berarti 'son of Harry', anaknya Pangeran Harry.

Menurut US Weekly, nama depan putra Pangeran Harry kemungkinan juga merupakan rujukan pada nenek moyang Putri Diana, Archibald Campbell, 9th Earl of Argyll, dari Skotlandia. Tidak seperti Pangeran Louis, Pangeran George, maupun Putri Charlotte, Archie tidak mendapat gelar 'pangeran' di depan namanya. Sebuah sumber yang dekat dengan Buckingham Palace mengatakan, Pangeran Harry dan Meghan Markle saat ini memilih untuk tidak menggunakan gelar kerajaan.

Lalu, bagaimana dengan makna nama cicit cicit Ratu Elizabeth II yang lain? Nama lengkap Pangeran George adalah George Alexander Louis. Setiap aspek dari nama Pangeran George merupakan referensi dari anggota anggota keluarga Kerajaan Inggris sebelumnya.

Nama 'George' merupakan penghormatan langsung kepada ayah Ratu Elizabeth II, Raja George VI. Pangeran George muda ini nantinya akan menjadi Raja George ketujuh ketika ia menduduki tahta. Nama 'Alexander' merupakan versi maskulin dari nama tengah Ratu Elizabeth II, Alexandra.

Sementara nama 'Louis' juga merupakan nama tengah Pangeran William (William Arthur Philip Louis). Nama ini juga merujuk pada paman Pangeran Philip, mendiang Lord Louis Mountbatten, yang tewas terbunuh oleh ledakan bom IRA di kapalnya pada Agustus 1979. George memang sudah terlahir dengan gelar 'pangeran' karena ia adalah putra tertua dari putra tertua Prince of Wales, meskipun Ratu Elizabeth II mengeluarkan surat paten pada 2012 yang memperbolehkan penyematan gelar 'pangeran' atau 'putri' kepada anak anak Pangeran William.

Nama lengkap Putri Charlotte adalah Charlotte Elizabeth Diana. 'Charlotte' kemungkinan besar menjadi rujukan pada dua anggota keluarga Putri Charlotte. Yakni, nama tengah dari bibi Putri Charlotte; Pippa Middleton sekaligus versi feminin dari nama depan Pangeran Charles.

Nama 'Elizabeth' jelas diambil dari nama nenek buyutnya, Ratu Elizabeth II. Sementara nama 'Diana' di bagian belakang merupakan bentuk penghormatan kepada neneknya, mendiang Putri Diana. Nama lengkap Pangeran Louis adalah Louis Arthur Charles.

Nama 'Louis' diambil dari nama depan paman Pangeran Philip, Lord Louis Mountbatten, sama seperti nama Pangeran George. Sementara nama 'Arthur' merupakan nama tengah Raja George VI, dan 'Charles' menjadi penghormatan kepada Pangeran Charles, serta dua Raja Charles sebelumnya.

About Author

Keberhasilan adalah kemampuan untuk melewati dan mengatasi dari satu kegagalan ke kegagalan berikutnya tanpa kehilangan semangat.

Comment here