Lifestyle

Bahan – Bahan Yang Sering Digunakan Dalam Membuat Burgo, Makanan Asli Dari Palembang!

Bahan – Bahan Yang Sering Digunakan Dalam Membuat Burgo, Makanan Asli Dari Palembang!

Palembang memang identik sekali dengan makanan pempek, pempek merupakan makanan yang kenyal. Tidak kalah dengan pempek, ada makanan yang bernama Burgo. Burgo ini kalau dilihat – lihat memang memiliki kemiripan terhadap kwetiaw tetapi tetap ada perbedaannya. Kalau Burgo memiliki lebar yang cukup besar melainkan kwetiaw memiliki lebar yang berukuran kecil.

Hidangan salah satu ini merupakan hidangan yang terkenal di kota Palembang, tak jarang banyak orang yang sering kali memakan makanan yang satu ini. Biasanya Burgo ini berkuah, kuahnya bisa didapatkan dari kuah santan yang memiki kekentalan yang gurih. Nah, kalau masalah rasa sudah pasti juaranya, Burgo juga memiliki cita rasa yang berbeda kalau dibandingkan dengan hidangan makanan yang lainnya. Biasanya ada banyak sekali bahan yang sering digunakan. Bagaimana? Penasaran dengan bahan – bahannya? Simak ya!

Ikan gabus

Pertama, ikan gabus. Ikan gabus merupakan salah satu ikan yang sering kali digunakan selama membuat makanan khas Palembang. Burgo termasuk makanan yang lebih memilih untuk menggunakan ikan gabus sebagai pelengkapnya. Lagi pula ikan gabus hanya digoreng saja lalu nanti akan disuwir – suwir ke dalam wadah Burgo. Nantinya kamu bisa memberikan beberapa suwir ikan gabus sesuai dengan yang kamu mau. Dan kamu bisa suwirkan langsung diatas Burgo tersebut.

Tepung beras

Tepung beras merupakan bahan yang kedua yang harus kamu ketahui. Karena tanpa adanya tepung beras maka kamu tidak akan bisa membuat beberapa gulungan tepung beras. Apalagi kamu bisa menemukan tepung beras dengan mudah sehingga kamu tidak perlu cemas kalau tidak menemukan tepung beras tersebut. Terutama bagi kamu yang ingin membuat hidangan khas Palembang ini wajib sekali membeli tepung beras. Dengan adanya tepung beras maka kamu bisa memulai membuat hidangannya.

Santan

Selain ada tepung beras dan ikan gabus, maka bahan yang ketiga ini adalah santan. Santan memiliki pengaruh yang besar terhadap kuah pada hidangan. Karena dengan menggunakan santan lah kuat hidangan khas Palembang ini bisa menjadi kental dan juga gurih. Bisa dibayangkan kalau tidak ada santan maka hidangan burgo sudah dipastikan tidak memiliki cita rasa yang enak. Biasanya ada banyak sekali jenis santan mulai santai yang memiliki merek sampai dengan santan yang tidak memiliki merek sama sekali.

Minyak goreng

Kalau kamu ingin membuat makanan ini, maka kamu perlu sekali minyak goreng. Sebenarnya minyak goreng tidak termasuk ke dalam bahan utama melainkan termasuk ke dalam bahan pendukung. Karena kalau tidak ada minyak goreng maka kamu tidak akan bisa membuat gulungan tepung beras. Sebelum menjadi gulungan maka harus digoreng dulu seperti kamu menggoreng telur dadar. Tentunya membutuhkan minyak goreng dalam wajan selama membuat gulungan tersebut.

Bawang

Bahan yang terakhir adalah bawang, sebenarnya ada banyak sekali jenis bawang yang digunakan. Mulai dari bawang merah, bawang putih sampai dengan bawang goreng sehingga ketiga bawang ini memang dibutuhkan dalam pembuatan Burgo. Memang ketiga bahan tersebut bukan termasuk bahan utama melainkan tergolong ke dalam bahan untuk bumbu halus. Dengan adanya ketiga bawang itu maka makanan ini bisa memiliki keharuman yang berbeda dibandingkan dengan makanan lainnya.

Beberapa bahan tersebut bisa kamu mengerti dengan baik. Apalagi saat kamu membuat Burgo, jangan melupakan bahan – bahan di atas ya!

About Author

Keberhasilan adalah kemampuan untuk melewati dan mengatasi dari satu kegagalan ke kegagalan berikutnya tanpa kehilangan semangat.

Comment here