Travel

Foto Kentang Ini Terjual Seharga Rp 14 Miliar Kalahnya Pisang Dilakban

Setelah instalasi pisang dilakban dihargai Rp 1,68 Miliar lenyap di makan sangseniman, kini ada lagi sebuahkentangyang setelah menjadi sebuah karya seni dibanderol lebih mahal Sembilan kali lipat dari pisang lakban. Yap, sebuah karya seni yang tertuang dalam sebuah foto ternyata menjadikan nilainya berubah drastis malah cenderung fantastis. Seperti fotokentangini yang kemudian dihargai hingga miliaran rupiah.

Awalnya memang tidak masuk akal, tapi hal itu nyata adanya. Bahkan, seorang pengusaha asal Eropa rela mengeluarkan uang sebesar 750 ribu poundsterling atau sekitar Rp 14 miliar untuk membeli sebuah fotokentangitu. Mengingat harganya yang super tinggi itu, foto kentang ini pun dinobatkan sebagai satu foto termahal di dunia.

Sebuah harga yang fantastis untuk sebuah foto kentang, bukan? lantas, apa istimewanya? Jadi, foto kentang ini merupakan hasil karya fotografer bernama Kevin Abosch. Ia adalah seorang fotografer yang terkenal dengan tarif yang mahal. Kevin mengungkapkan saat itu ada seorang pengusaha kaya sekaligus seorang kolektor karyanya berkunjung ke rumahnya di Paris, Prancis. Dari situ, ia melihat foto kentang tergantung di dinding rumah Kevin dan langsung menanyakan harganya.

Karya Kevin Abosch ini diyakini memiliki karakter foto 'iconic black backdrop'. Itu adalah simbol status bagi para pelaku bisnis dan hiburan kalangan elite. Maka tidak heran, jika banyak kalangan elite rela mengeluarkan harga yang fantastis untuk sebuah karya seni foto atau lukisan.

Makanya, sekarang foto tersebut telah masuk ke dalam 20 foto termahal sepanjang masa. Dilansir dari New York Post, pisangyang mirip dengansenipop 1967 Warhol yang ikonik ini dijual pada Rabu (4/12/2019), dengan harga luar biasa. Tak tanggung tanggung,pisangyang dilakban ini dipamerkan di Art Basel Miami dan dijual seharga Rp 1,7 miliar.

Karya itu sendiri berjudul Komedian. Ini adalah buah pikiran seniman iseng Italia, Maurizio Cattelan, 59. Dia menggunakan pisang yang dibeli dari supermarket di Miami.

Versi pertama "Komedian" dijual kepada seorang wanita Prancis untuk harga yang disebutkan di atas. Cattelan kemudian menyelesaikan hattrick dunia seni dengan menjual dua edisi lagi. Satu kepada seorang pria Prancis untuk jumlah yang tidak diungkapkan, dan yang lain dijual ke museum seharga Rp 2,1 miliar.

Tak hanya itu, tetapi karya magnum opusnya juga telah menarik kerumunan orang setiap hari. Pemilik galeri Emmanuel Perrotin menyebut fenomena itu sebagai "keajaiban." Dia juga juga berkomentar, "saya tidak tau bagaimana ini terjadi!"

Kreasi Dada esque Cattelan mendapat lebih banyak reaksi beragam di media sosial. Kritikus seni berkomentar di Instagram, "karya yang paling tidak masuk akal." "Orang bepergian ratusan atau ribuan mil hanya untuk melihat karya seni yang dapat direplikasi dari dapur Anda sendiri."

Rupanya, "Komedian" dapat dilihat sebagai komentar pada pasar seni yang berubah ubah. Perrotin mengatakan kepada CNN bahwa pisang adalah "tujuan ganda, serta perangkat klasik untuk humor." CNN/Maurizio Cattelan, 59.

Ia merupakan perpanjangan tangan dari kritik dan kesenangan. Cattelan belum memberikan instruksi untuk apa yang harus dilakukan ketika pisang yang super mahal itu mulai membusuk. Tetapi dia tetap menyimpan cadangan ekstra di gerai Art Basel jika terjadi pencurian.

Apa yang tampak seperti lelucon sebenarnya telah dirancang selama setahun. Sang seniman meramu beberapa rancangan kasar termasuk pisang yang dilemparkan ke dalam resin dan perunggu sebelum mengambil buah yang bonafide. Namun, Perrotin mengklaim bahwa tanpa cap artis, itu hanya pisang: "jika kamu tidak menjual karya, itu bukan karya seni."

About Author

Keberhasilan adalah kemampuan untuk melewati dan mengatasi dari satu kegagalan ke kegagalan berikutnya tanpa kehilangan semangat.

Comment here