Kesehatan

Hindarkan Anak dari 7 Bahaya Asap Rokok yang Mengintai

Hindarkan Anak dari 7 Bahaya Asap Rokok yang Mengintai

Tidak hanya perokok aktif, perokok pasif lebih dirugikan dengan paparan asap rokok. Anak-anak adalah golongan yang rentan terhadap asap rokok. Berbagai bahaya asap rokok di bawah ini dapat menyadarkan Anda betapa pentingnya menghindarkan anak dari asap rokok. Cegahlah sebelum anak mengalami berbagai risiko kesehatan berikut ini.

  1. Masalah Pernafasan

Sistem pernapasan adalah bagian tubuh yang paling berisiko jika anak menghirup asap rokok. Gejala awal masalah pernapasan yang masih ringan adalah batuk dan sesak napas. Lama kelamaan, si kecil mudah terserang batuk dan pilek yang merupakan reaksi alergi atau penolakan tubuh terhadap asap rokok.

Jika kondisi tersebut terus menerus terjadi, maka anak akan mengalami pneumonia dan bronkitis. Kedua jenis gangguan pernapasan ini semakin parah dan bisa akut. Infeksi saluran pernapasan sampai ke paru-paru ini harus dicegah agar pernapasan anak tetap normal dan kerja organ tubuhnya terjamin.

  1. Menurunkan Daya Tahan Tubuh

Daya tahan atau imunitas tubuh anak tentu masih rentan dan membutuhkan banyak penyesuaian. Akan tetapi, sampai kapanpun asap rokok akan berbahaya bagi kesehatan. Usia anak-anak yang lebih rentan tentu harus mendapatkan perhatian khusus.

Hindarkan anak dari paparan asap rokok dengan menjauhi sumbernya yaitu orang yang merokok. Tidak hanya itu, orang yang berbau rokok juga tidak boleh dekat dengan anak. Meskipun orang tersebut perokok pasif, tetap terdapat bau rokok yang artinya orang tersebut sudah pasti terpapar.

Jadi, jangan biarkan kandungan karbon monoksida dalam rokok menurunkan daya fungsi tubuh anak. Jika tidak, maka sistem imun anak akan menurun. Itu artinya kemampuan melawan infeksi dari bakteri dan virus akan menurun.

  1. Memicu Infeksi Mata dan Telinga

Bahaya berikutnya yang mengintai adalah terjadinya infeksi mata dan telinga. Sebatang rokok yang dihirup perokok dan asapnya sampai mengenai si kecil akan membuat mata kering sampai berdampak iritasi. Kemungkinan mengalami infeksi telinga juga semakin besar karena zat berbahaya yang terdapat dalam asap rokok. Imun anak yang masih rentan juga mendukung hal ini.

  1. Gangguan Pertumbuhan

Hal yang sangat disayangkan adalah gangguan pada pertumbuhan anak akibat hal sepele yaitu terpapar asap rokok. Hal ini dikarenakan hebatnya bahaya zat adiktif dalam rokok yang nantinya akan merusak sistem tubuh. Anak-anak yang masih rentan sistem imunnya tentu akan mengalami berbagai persoalan kesehatan sampai pada hambatan dalam pertumbuhannya.

  1. Memicu Perilaku Agresif

Perilaku agresif adalah hal negatif dari psikis yang bermasalah. Selain berpengaruh pada fisik anak, paparan asap rokok ternyata sangat berpengaruh pada psikis anak yang menghasilkan perilaku negatif.

Agresif dalam hal ini adalah negatif karena kemunculannya merupakan akibat dari asap rokok dan tidak alamiah berasal dari emosi anak. Parahnya, perilaku agresif ini dapat berkembang menjadi sikap anti sosial. Pengaruh ini tentu menyulitkan anak dalam bersosialisasi dan beradaptasi. Jadi, lindungilah anak Anda agar jangan sampai terpapar asap rokok.

  1. Menimbulkan SIDS (Kematian Mendadak pada Bayi)

Kasus kematian mendadak pada bayi atau dalam dunia medis dikenal dengan SIDS salah satunya disebabkan karena pengaruh asap rokok. Kondisi ini terjadi karena asap rokok yang mengandung berbagai zat berbahaya memicu gangguan pernapasan dan sistem organ tubuh bayi.

Dengan demikian, terjadilah SIDS jika tidak segera ditangani atau imunitas tubuh bayi memang lemah. Kapasitas asap rokok yang dihirup dan konsentrasi kandungan zat berbahayanya juga menjadi indikator terjadinya kematian mendadak pada bayi ini.

  1. Meningkatkan Risiko Kanker

Risiko kanker pada anak akan meningkat jika terus menerus menghirup asap rokok. Tidak hanya risiko kanker paru-paru, namun juga kanker di bagian tubuh lainnya yaitu mulut, lidah, saluran pencernaan, hati, pankreas, ginjal, serviks, sampai sumsum tulang. Hal ini disebabkan oleh 7000 bahan kimia serta 70 zat berbahaya dari asap rokok.

Selalu ingatlah dengan berbagai bahaya asap rokok yang mengintai. Lindungilah si kecil dengan tidak membiarkannya menjadi perokok pasif. Jika terdapat bau rokok, sebisa mungkin menjauh. Jika tidak bisa berpindah, tutuplah hidung anak dengan masker. Upaya ini akan menjaga kesehatan dan tumbuh kembang anak secara optimal. Daya tahan tubuhnya juga tetap optimal.

About Author

Keberhasilan adalah kemampuan untuk melewati dan mengatasi dari satu kegagalan ke kegagalan berikutnya tanpa kehilangan semangat.

Comment here