Nasional

Juara Sayembara Desain Ibu Kota Sibarani Sofian Ungkap Arti Konsep Nagara Rimba Nusa

Pemenang sayembara desain Ibu Kota Negara,Sibarani Sofian menjelaskan konsep 'Nagara Rimba Nusa' yang diusungnya dalam Sayembara Desain Ibu Kota. Menurutnya, 'Nagara Rimba Nusa' dipilihkarena Nagara merupakan perwakilan pemerintah dan rakyat. Sementara Rimbaadalah karakter hutan yang ada di lokasi ibu kota baru yaitu Kalimantan.

"Nusa adalah satu hal yang identitasnya bisa kita miliki sebagai bangsa Indonesia karena kita tinggal di kepulauan." "Kepulauan adalah identitas bangsa kita," ujarnya dilansir melalui YouTube Sekertariat Presiden, Senin (23/12/2019). Ia menambahkan, konsep Nagara Rimba Nusa yang diusungnya mengangkat cerita hutan yang menjadi inspirasi dalam membangun sebuah kota.

Sibarani Sofian mengungkapkan, ingin menjadikan kotamenjadi bagian ekosistem alam yang terintegrasi. Langkah awalnya dengan mengembangkan hutan hutan di Kalimantan. "Komitmen kita adalah Heart of Borneo yaitu 45persen daerah Kalimantan harusnya hutan."

"Usahanya dengan memindahkan ibu Kota di lokasi tersebut. Inilah titik komitmen kami bisa melakukan itu," ungkapnya. Sementara itu, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR),Basuki Hadimuljono menjelaskan tiga kriteria yang digunakan dalam menentukanpemenang Sayembara Desain Ibu Kota baru. Hal pertama adalahIbu Kota negara sebagai identitas bangsa.

"Tidak hanya memindahkan kota seperti yang diarahkan Presiden, tapi identitas bangsa untuk kemajuan peradaban Indonesia ke depan," ujarnya dilansir melalui YouTube Sekertariat Presiden, Senin (23/12/2019). Poin kedua, keberlanjutan kota tersebut. Pemerintah menginginkan ibu kota yangfriendly,memperhatikan lingkungan, memperhatikan kebencanaan,sosial, dan ekonomi.

"Keberlanjutannya yang penting," tegasnya. Ketiga, kota bukan untuk generasi saat ini tapi generasi mendatang. "Jadi kota harus menunjukkan kecerdasan, kemudian modern dan standar internasional," ungkapdia.

Sebelumnya, Ahli Masterplan dari pemenang pertama sayembara desain ibu kota negara, Arjuna Sinaga menjelaskan timnya memiliki konsep danau yang merepresentasikan Pancasila. Pernyataan tersebut diungkapkan dalam video yang diunggah di kanal YouTubetvOneNews,pada Senin (23/12/2019). Arjuna menuturkan terdapat satu poros panjang yang diberi nama Bhinneka Tunggal Ika.

Desain yang dibuat oleh tim Arjuna juga meletakkan plaza bernama Bhinneka Tunggal Ika berada di tengah. Arjuna menjelaskan dalam desain timnya terdapat danau yang merepresentasikan Pancasila. Di danau, dibuat lima bangunan yang menjadi perwakilan dari setiap sila di dalam Pancasila.

Mulai dari sila pertama, yakni ketuhanan yang Maha Esa hingga sila ke lima yang berbunyi keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia. Desain untuk ibu kota negara baru tidak hanya perwakilan dari alam serta kelangsungan antara manusia dan Tuhan, tapi juga menunjukan sebuah kota yang dapat berproses dari segi pemerintahannya. "Ada satu poros panjang, yakni poros Bhinneka Tunggal Ika, lalu kita punya Plaza Bhinneka Tunggal Ika di tengah tengah dan di ujung itu ada representasi dari danau Pancasila," ujar Arjuna.

"Setiap sila dilambangkan dalam bentuk bangunan yang sifatnya itu melayani masyarakat." "Jadi secara fisik, kami mengambil representasi tidak hanya dari inspirasi alam dan poros kesinambungan antara manusia dan pencipta, tapi juga bagaimana suatu kota itu terbentuk dan berjalan dari segi pemerintahannya," kata dia. Tidak hanya itu, pemenang pertama sayembara desain ibu kota negara baru ini juga menerapkan konsep biomimikri di dalam gagasan mereka.

About Author

Keberhasilan adalah kemampuan untuk melewati dan mengatasi dari satu kegagalan ke kegagalan berikutnya tanpa kehilangan semangat.

Comment here