Bisnis

Kepercayaan Investor Asing Semakin Besar Gubernur BI

Gubernur Bank Indonesia (BI) Perry Warjiyo mengatakan, kondisi pasar keuangan mulai stabil di tengah pemulihan ekonomi akibat pandemi virus corona (Covid 19). Perry bahkan menyebut, kepercayaan investor juga terus menguat dengan banyaknya arus modal asing yang masuk melalui investasi surat berharga negara (SBN). Hal itu disampaikan Perry usai rapat terbatas yang dipimpin Presiden Jokowi terkait penerapan program pemulihan ekonomi nasional (PEN) dan perubahan postur APBN tahun 2020 melalui video conference yang disiarkan YouTube Sekretariat Presiden, Rabu (3/6/2020).

"Kepercayaan investor semakin besar, semakin banyak investor asing yang membeli SBN. Jumlah pembelian SBN yang dibeli BI dari pasar perdana semakin lama semakin kecil dan kapasitas absorbsi pasar semakin besar," ucap Perry. Perry mengatakan, BI yang telah melakukan pembelian SBN dari pasar perdana semakin lama semakin kecil kapasitas absorbsi. Namun, kata Perry, dari lelang terakhir pembelian oleh BI hanya Rp2,09 triliun dan pembelian oleh investor asing kian banyak.

"Yieldnya SBN nya itu juga turun tadi kami sampaikan 8,08 pernah 8,08 kemarin 7,2 persen kemarin bid yang masuk kalau tidak salah sekitar 104, 5,2 kali dari target dan dimenangkan 24,3 di mana Bank Indonesia membeli sekitar 2,09 triliun," ucapnya. Selain itu, Perry mengatakan, nilai tukar Rupiah masih berpeluang menguat saat pandemi virus corona (Covid 19). Terlebih, saat ini Indonesia mulai menerapkan new normal atah tatanan kehidupan baru dimana roda perekonomian mulai bergerak.

Perry mempredikai, mata uang Rupiah kini bergerak di level Rp14.200 an per Dollar Amerika. “Alhamdulillah tadi kami juga laporkan dengan koordinasi yang erat tadi nilai tukar Rupiah yang dulu di awal awal April pernah Rp16.400, Alhmadulillah dengan koordinasi yang erat tadi sekarang itu diperdagangkan di Rp14.200,” kata Perry.

About Author

Keberhasilan adalah kemampuan untuk melewati dan mengatasi dari satu kegagalan ke kegagalan berikutnya tanpa kehilangan semangat.

Comment here