Lifestyle

Lakukan Perjanjian di Atas Materai hingga Kerjasama dengan HRD 7 Tips Menagih Utang kepada Teman

Menagih uang yang dipinjam teman memang gampang gampang susah. Ada rasa 'tidak enak' dan tersiksa apabila sedang sangat membutuhkan uang yang dipinjam, tetapi teman tidak segera mengembalikannya. Tak jarang teman yang mangkir dari jatuh tempo pembayaran utang menimbulkan kekesalan hingga merusak hubungan pertemanan yang sudah terjalin lama.

Lalu bagaimana cara menagih utang kepada teman yang tak kunjung membayar utang? Berikut ini tips dari untuk menagih utang kepada teman. Hal utama yang perlu dilakukan yakni mantapkan niat Anda dalam menagih utang.

Setelah niat sudah bulat, katakan kepada teman, Anda akan menagih utang kepadanya. Hal ini perlu dilakukan, sebab, jika Anda tidak pernah mengatakan akan menagih utang, teman akan berpikir, Anda tidak sedang memerlukan uang. Dengan ini, teman Anda akan segera sadar.

Apabila Anda telah menagih utang kepada teman, tetapi dia belum bisa segera mengembalikannya, coba buat sebuah rencana. Ajak temanmu membuat kesepakatan untuk menyicil utangnya kepada Anda. Jika perlu, buat perjanjian di atas materai.

Sebaiknya buat kesepakatan berupa perjanjian teman Anda akan menyicil utangnya ketika dia gajian. Jika perlu, hubungi pihak keuangan di tempat kerjanya untuk menghindari teman Anda mangkir. Sebelum hari gajian tiba, ingatkan teman, Anda mengharapkan dia membayar utangnya.

Hal ini dapat membuatnya menyisihkan uangnya untuk membayar utang tepat setelah gajian. Jika Anda tipe orang yang 'tidak enakan' atau mudah merasa canggung, Anda dapat menagih utang kepada teman Anda lewat pesan singkat. Coba tagih melalui beberapa media sosial, seperti Whatsapp, Facebook, Instagram, E mail, atau Twitter.

Untuk utang yang sudah tidak terbayar selama tiga bulan lebih dari tenggat waktu, Anda perlu mengingatkannya kembali. Coba ingatkan teman Anda di depan pihak ketiga. Anda dapat mengungkapkan fakta, teman Anda terlambat membayar utang kepada pihak ketiga.

Hal ini mungkin akan membuatnya merasa malu. Kapan pun Anda menagih utang kepada teman, pastikan Anda menagihnya degan sangat sopan menggunakan bahasa yang formal. Segera tagih utang teman Anda jika sudah melebihi tenggat waktu.

Membiarkan teman Anda lupa membayar utang sama saja dengan memupuk kebiasaan teman untuk berhutang.

About Author

Keberhasilan adalah kemampuan untuk melewati dan mengatasi dari satu kegagalan ke kegagalan berikutnya tanpa kehilangan semangat.

Comment here