Kesehatan

Mengelola Kolesterol hingga Mengendalikan Diabetes 7 Manfaat Bawang Merah buat Kesehatan Tubuh

Bawang merah sangat akrab bagi orang Indonesia. Tumbuhan dengan nama ilmihan Allium cepa var aggregatum ini sering digunakan untuk berbagai kebutuhan. Mulai dari bahan campuran untuk memasak hingga hanya digoreng untuk disajikan sebagai pelengkap makanan.

Bawang merah ternyata telah dibudidayakan selama ribuan tahun. Dikutip dari boldsky.com , bawang merah juga disebutkan dalam berbagai literatur dan sejarah Yunani. Tak hanya di Asia, tumbuhan ini juga digunakan dalam masakan Prancis.

Ternyata tumbuhan berwarna merah ini menyimban berbagai manfaat. Mulai dari dapat membantu memercepat pencernaan, mengontrol diabetes hingga meningkatkan sirkulasi darah. Bawang merah kaya akan zat besi, tembaga dan potasium.

Mengonsumsi bawang merah dapat membatu merangsang produksi sel darah merah. Hal tersebut dapat membantumu untuk lebih meningkatkan sirkulasi darah di tubuh. Mengonsumsi bawang merah juga dapat menigkatkan energi dan meningkatkan pertumbuhan sel.

Tumbuhan yang daunnya sering digunakan untuk menyedapkan makanan itu mengandung senyawa allicin. Senyawa tersebut dapat membantu mengelola kadar kolesterol di dalam tubuh. Allicin menghasilkan enzim yang disbut reductase (yang diproduksi di hati) yang dapat membantu mengendalikan produksi kolesterol.

Senyawa allicin juga dapat membantu meningkatkan kesehatan jantung karena kadar kolesterol yang rendah di darah. Selain senyawa allicin, bawang merah juga kaya akan potasium. Kombinasi keduanya berperan sebagai vasodilator yang berguna untuk meningkatkan pelepasan nitrat oksida dalam tubuh.

Hal tersebut secara langsung dapat memengaruhi tingkat tekanan darah tinggi. Potasium juga dapat membatu merelaksasi dinding pembuluh darah dan meningkatkan alirah darah. Allium dan allyl disulfide terkandung dalam bawang merah.

Dua senyawa fitokimia tersebut memiliki sifat anti diabetes. Senyawa tersebut membantu dalam mengatur kadar gula darah dalam tubuh. Asam gamma aminobutyric yang terkandung dalam bawang merah merupakan neurotransmitter kunci yang memiliki dampak langsu pada relaksasi otak.

Kandungan tersebut juga termasuk bisa dalam menenangkan saraf dan mengurangi stres. Bawang merah kaya akan kalsium. Kalsium bukan hanya bermanfaat untuk menjaga tulang, tapi jugadapat meningkatkan kepadatan tulang.

Mengonsumsi bawang merah secara teratur sangat baik untuk kesehatan tulang.

About Author

Keberhasilan adalah kemampuan untuk melewati dan mengatasi dari satu kegagalan ke kegagalan berikutnya tanpa kehilangan semangat.

Comment here