Travel

Mulai Lempah Kuning hingga Tahukok 10 Kuliner Khas Bangka yang Wajib Dicoba

PulauBangkamerupakan bagian dari Provinsi Kepulauan Bangka Belitung yang dikenal memiliki pantai pantai indah. Selain keindahan alamnya,Bangkajuga punya kuliner lezat yang bakalmembuat wisatawan ketagihan. Sejak dulu,kulinerBangkaselalu menjadi daya tarik.

Menunya identik menggunakan bahan ikan. Berikut rekomendasi kuliner khas Bangka yang perlu dicoba saat liburan keBangka. Rusip merupakan makanan fermantasi yang terbuat dari ikan teri atau bilis.

Rusip memiliki warna keruh, baunya menyengat dengan daging daging ikan rada halus. Rusip ini biasanya disajikan dengan campuran, jeruk kunci, bawang merah, dan cabai untuk menbah cita rasa. Sambalrusipmenjadi penggugah selera makan masyarakatBangkaBelitung dan cocok disantap bersama lalapan.

Lempah Kuning menjadi menu khas masyarakat Bangka. Kuliner khas Bangka inibisa berbahan dasar ikan, daging dan ayam. Adapun bumbu utama lempah kuning yaitu kunyit, terasi, asam jawa, cabe rawit, bawang merah dan tambahan bumbu lainya.

Selain itu, lempah kuningBangkaini memiliki cita rasa khas pedas asam yang khas dengan bumbu yang meresap ke bagian daging. Untuk makan lempah kuning ini anda bisa temukan di beberapa warung khasBangkayang pastinya menyediakan lempah kuning. Kecalo merupakan satu diantaranya makanan khasBangkayang hampir sama denganrusipmelaui proses fermentasi, bedanyarusipberbahan dasar ikan teri dan kecalo berbahan dasar udang rebon.

Mi koba merupakan kuliner khas di Bangka atau tepatnya sebagai makanan khas Koba,ibu kota Kabupaten Bangka Tengah. Mi koba berbeda dengan mi yang ada pada umumnya, rasanya yang nikmat dan gurih dengan kuah ikan tenggiri yang sangat khas. Mi koba membuka banyak cabang diBangka.

Jika ingin mencicipi mie tersebut bisa datang langsung ke Jalan Raya Koba,BangkaTengah, sedangkan untuk di Pangkalping yaitu di Gedung Nasional, Taman Sari, Gedung Nasional, Kec. Taman Sari, Kota Pangkalpinang. Otak otak khas Bangka mungkin memang tak asing lagi terdengar, Makanan dengan bahan utama ikan dan tepung sagu ini memiliki kelezatan tersendiri. Rasa ikannya yang begitu terasa atau pekat sangat cocok untuk dikonsumsi atau bisa sebagai lauk makan.

Otak otak merupakan makanan yang banyak terjual, seperti di Alun Alun Lapangan Merdeka, Otak Otak Ase dan di tempat jajanan lainnya. Tahukok merupakan makanan yang biasanya banyak disantap oleh warga cina khas Bangka. Satu mangkok tahukok ini berisi bakso ikan rebus, bakso ikan goreng, bakso tahu ikan kukus, bakso tahu ikan goreng, fukian (kulit tahu) isi bakso ikan yang disiram kuah kaldu panas.

Untuk yang ingin menikmati tahukok bisa datang ke Jalan Kampung Bintang dan dijamin halal. Selain lempah kuning, lempah akar keladi ini menjadi makanan khas masyarakat Bangka. Kuliner khas Bangkaini memiliki ciri khas atau dikenal sebagai lempah darat. Bumbu bumbu yang digunakan pun tidak banyak, yaitu terasi dan cabe rawit.

Lempah kuning memiliki cita rasa khas dan sangat cocok dipadukn dengan ikan asin. Bagi yang penasaran, lempah ini biasanya juga terdapat di warung makan khasBangka. Makanan satu ini memiliki bentuk yang sederhana, namun memiliki cita rasa gurih.

Rasa dominan lemak manis, dikemas dalam daun pandan yang dibuat menyerupai mangkuk. Kue pelite ini diolah dari tepung beras, santan dan gula putih ini. Kue ini merupakan kue khas dari Desa Muntok. Kue ini banyak dimintai masyarakat, memang sudah tidak asing. Biasanya, penjual kue pelite ini di seberang Masjid Jami’ dan Kelenteng Kong Fuk Miau, serta di warung warung desa Muntok.

Makanan khas Bangka ini terbuat dari adonan tepung beras yang dicampur sedikit tepung kanji atau tepung sagu. Makanan ini memiliki cita rasa yang sedap terutama bumbu kuahnya yang terbuat dari olahan daging ikan pilihan. Selain itu, penyajian pantiaw ini beragam ada yang menggunakan kuah dan ada yang digoreng.

Saat ini banyak pedagang yang menjual pentiaw, seperti dapat ditemukan di Alun Alun Lapangan Merdeka, maupun di warung warung lainnya. Lakso terbuat dari adonan tepung beras dengan tekstur akhir berwarna putih. Kuah laksoterbuat dari santan berwarna kuning dengan serpihan daging ikan yang gurih enak.

Kuliner khas Bangka yang satuini banyak ditemukan diwarung pinggir jalan hingga restoran.

About Author

Keberhasilan adalah kemampuan untuk melewati dan mengatasi dari satu kegagalan ke kegagalan berikutnya tanpa kehilangan semangat.

Comment here