Techno

“Ngehasilin Duit sambil Nunggu Suami Ngebid” kisah Istri Driver Gojek

“Dari ilmu yang saya dapat, saya coba buka usaha Aci Cilokba dan berhasil memberikan keuntungan hingga Rp3 juta tiap bulannya. Lumayan banget jadi bisa ada kegiatan yang ngehasilin duit sambil nunggu suami ngebid (menjalankan order).” Itu merupakan cuplikan obrolan bersama Ibu Lela Sutana (38 tahun) yang merupakan istri mitra driver Gojek. Wajahnya bersemangat saat ia menjelaskan pengalaman singkat yang kini telah mengubah hidupnya serta membantu ekonomi keluarganya. Pengalaman tersebut termasuk saat mendapat pelatihan memasak, pendampingan dalam menjalankan usaha baru, serta bergabung menjadi merchant GoFood.

“Sebelumnya saya hanya ibu rumah tangga aja, ga pernah kepikiran sampai membuka usaha apalagi ngehasilin duit yang lumayan. Bersyukur sekarang udah bisa bantu ekonomi keluarga dikit dikit, setidaknya udah ga pusing lagi untuk bayar keperluan sekolah anak,” ujar ibu yang memiliki 2 anak ini. Ibu Lela merupakan salah satu dari ribuan istri mitra driver Gojek lainnya yang telah berkesempatan untuk mengikuti kegiatan Pelatihan Gojek Swadaya: Cerdik Berwirausaha dan Belajar Bareng di kota kota besar di Indonesia. Gojek Swadaya sendiri merupakan upaya yang dilakukan oleh Gojek dalam meningkatkan kapabilitas, kompetensi serta potensi peningkatan pendapatan mitra driver dan keluarganya

Selain kelas memasak, pada kegiatan ‘Cerdik Berwirausaha bareng Gojek Swadaya’ ini para istri mitra driver juga akan diajarkan berbagai keterampilan lain seperti kelas memotret makanan agar terlihat menarik, hingga kelas pemasaran yang dikombinasikan dengan metode pelatihan Gojek Wirausaha. Tidak berhenti di situ, Gojek juga melakukan pendampingan dan memberikan dukungan yang diperlukan selama 3 bulan setelah pelatihan, dengan harapan para istri mitra driver dapat terus maju dan lancar dalam berwirausaha. “Saya sangat berterima kasih kepada Gojek yang telah memberikan saya dan teman teman istri driver lainnya untuk diajari memasak dan berdagang di GoFood. Semoga makin banyak istri driver Gojek lain yang terinspirasi dan bisa mulai usaha seperti saya.”

Hal yang sama juga dialami oleh Bu Tati Selfiani (39 tahun) yang juga merupakan istri mitra driver Gojek. Namun uniknya, Bu Tati awalnya tidak tahu menahu kalau dirinya didaftarkan Pelatihan Gojek Swadaya oleh sang suami. “Saya awalnya kaget, tau tau disuruh datang ke kantor untuk verifikasi dan ikut pelatihan usaha. Ternyata suami yang daftarin.. program dari Gojek, katanya. Saya pikir, coba aja lah, toh ini kegiatan positif dan bisa dapat ilmu baru,” jelasnya. Tidak disangka dari iseng iseng tersebut, ternyata berbuah manis. Bu Tati yang memutuskan untuk menjual nasi bakar ternyata bisa mendapat pendapatan hingga Rp2 juta dalam waktu 3 minggu saja.

“Awalnya saya cuma berharap laku barang 2 atau 3 bungkus per harinya, ngga taunya rata rata bisa 5 sampai 9 pesanan di GoFood setiap hari.. Alhamdulillah,” Meski sudah mendapat penghasilan yang lumayan, Bu Tati mengaku masih bersemangat untuk mengikuti rangkaian pelatihan berikutnya yang diadakan oleh Pelatihan Gojek Swadaya. “Denger denger ada kelas memoto makanan biar terlihat bagus, kelas pemasaran, dan akan didampingi selama beberapa bulan ke depan untuk konsultasi. Saya mah mau ikut semuanya, kali aja masakan saya makin laris dan makin bisa ngehasilin duit lebih banyak lagi,” ujar Bu Tati sambil tersenyum.

About Author

Keberhasilan adalah kemampuan untuk melewati dan mengatasi dari satu kegagalan ke kegagalan berikutnya tanpa kehilangan semangat.

Comment here