Kesehatan

Pakai Perban hingga Oleskan Kunyit Cara Penanganan Pertama & Perawatan Luka Terbuka

Banyak orang yang masih belum tahu penanganan yang benar saat mengalami luka terbuka pada tubuh, baik akibat terjatuh atau tertusuk benda tajam hingga berdarah. Penanganan luka terbuka yang salah bisa menyebabkan luka sulit sembuh bahkan infeksi. Gunakan kain bersih atau perban, tekan pada bagian luka dengan lembut.

Hal ini dilakukan untuk membantu proses pembekuan darah. Gunakan air bersih yang mengalir dan larutan garam untuk menghilangkan bakteri pada luka. Saat luka sudah bersih, tekan tekan dengan kain atau perban yang bersih dan kering.

Setelah luka dipastikan sudah bersih, aplikasikan cairan antibiotik tipis tipis pada luka. Hal ini dilakukan untuk mencegah infeksi. Langkah penutupan luka bisa membantu penyembuhan lebih cepat.

Pakailah perban anti air atau kain kasa untuk menutupi luka kemudian plester agar tetap menempel. Centers for Disease Control and Prevention (CDC) menyarankan untuk mengganti perban sehari sekali. Aplikasikan antibiotik dan tunggu sampai mengering baru pakaikan perban yang baru.

Pastikan luka tidak terkena air selama proses penyembuhan. Untuk mempercepat proses penyembuhan, Anda bisa mengonsumsi obat untuk mengurangi peradangan atau nyeri yang dijual bebas di apotek. Namun hindari mengonsumsi aspirin karena bisa menyebabkan pembekuan darah terhambat.

Anda bisa menghancurkan beberapa buah kunyit hingga membentuk pasta lembut, campur dengan air hangat, lalu oleskan pada luka. Selain kunyit, gel pada lidah buaya juga dikenal ampuh untuk mengurangi peradangan pada luka dengan dioleskan pada luka. Minyak kelapa juga mengandung antibakteri sehingga bisa diaplikasikan pada luka untuk mencegah infeksi.

Kemudian bawang putih yang mengandung anti peradangan juga bisa Anda tumbuh dan diaplikasikan pada luka.

About Author

Keberhasilan adalah kemampuan untuk melewati dan mengatasi dari satu kegagalan ke kegagalan berikutnya tanpa kehilangan semangat.

Comment here