Bisnis

Pandemi Covid-19 Munculkan Era Kolaborasi Bukan Kompetisi Aviliani

Pandemi corona atau Covid 19 bisa menjadi kesempatan untuk pelaku usaha, misalnya perilaku konsumen berubah, sehingga membuat digitalisasi bisnis harusnya bisa semakin cepat. Ekonom Senior Indef Aviliani menjelaskan, berubahnya perilaku konsumen tidak hanya terjadi pada sektor keuangan, tapi juga sektor sektor lainnya. "Kami mengharapkan tak hanya pemerintah, juga masyarakat dan komunitas memperhatikan faktor perilaku dan budaya," ujarnya saat webinar, Senin (13/7/2020).

Menurutnya, perubahan karena pandemi itu akan berlangsung cukup panjang dan juga berlaku ke perilaku dan budaya baru di Indonesia. "Misalnya tata cara transaksi dan berinteraksi. Sekarang eranya kolaborasi, bukan kompetisi, ini jadi kunci penting dan kedepan dengan pandemi berlangsung panjang muncul era efisiensi organisasi, digitalisasi, dan kolaborasi," kata Aviliani. Selain itu, pandemi Covid 19 memunculkan peluang dari sektor perdagangan karena kegiatan ekspor impor menjadi terhambat akibat pembatasan sosial serta kebijakan lockdown di beberapa negara.

"Satu lagi akan muncul saat era pandemi tidak bisa ekspor impor. Indonesia lakukan transaksi antardaerah, ekspor pangan tidak perlu dilakukan, sehingga muncul peluang baru yang bisa dilanjutkan ketika pandemi selesai," pungkasnya. Karena itu, pemerintah diminta tidak hanya membuat kebijakan saat pandemi berlangsung, tapi juga setelah pandemi selesai dengan kebijakan kebijakan jangka panjang yang menguntungkan Indonesia.

About Author

Keberhasilan adalah kemampuan untuk melewati dan mengatasi dari satu kegagalan ke kegagalan berikutnya tanpa kehilangan semangat.

Comment here