Otomotif

Pengguna Pertama Teknologi Telematik Hino Connect di Indonesia PO Karya Jasa

Perusahaan Otobus (PO) Karya Jasa di Yogyakarta menjadi pengguna pertama teknologi telematik Hino Connect di Indonesia dariPT Hino Motors Sales Indonesia (HMSI). Perusahaaan otobus yang mengoperasikan sekitar 100 armada bus medium dan bus besar untuk angkutan charter dan parwisata ini mendapat penghargaan khusus dari PT HMSI, yang diserahkan langsung oleh Presiden Direktur HMSI Masato Uchida kepada Wibisono, owner PO Karya Jasa di hari ketiga gelaran pameran otomotif Gaikindo Indonesia International Commercial Vehicle Expo (GIICOMVEC) 2020 di JCC Senayan, Jakarta, Sabtu 7 Maret 2020. "Sistem di Hino Connect sangat menguntungkan pengusaha transportasi untuk memantau armada, seperti posisinya di mana, berhenti di mana, juga untuk menghitung kilometer jarak tempuh dan penggunaan BBM yang terpakai secara lebih akurat," ungkap Wibisono.

Teknologi Hino Connect saat ini menjadi fitur baru yang dipasang di semua kendaraan Hino baik bus maupun truk Hino Ranger dan Hino Dutro yang dipasarkan mulai tahun produksi 2020. Fitur ini diberikan gratis berlangganan selama lima tahun pertama mencakupperangkat, serta akses monitoring dan reportingnya. Hino Connect merupakan sistem komunikasi tanpa kabel berteknologi tinggi untuk membantu kinerja operasional bisnis pemilik armada Hino.

Teknologi ini mempermudah manajemen operasional, karena Hino Connect memiliki sejumlah fitur seperti Route Analyze dan Geo Fence yang dapat menentukan area operasional dan analisa rute armada, sehingga biaya operasional menjadi lebih efisien. Hino Connect juga memiliki fitur untuk Driver Assignment dan Score Card pengemudi yang membuat kendaraan aman dan operasional lancar. Fitur ini membantu pemilik kendaraan melihat perilaku supir dalam berkendara sehingga menurunkan resiko kecelakaan dan melindungi asset milik pelanggan.

Di dalam Hino Connect juga terdapat fitur Service Reminder dan Vehicle Rule untuk itu perawatan kendaraan dapat dilakukan secara tepat waktu. Hino menyatakan mengelola sendiri server untuk menyimpan data pelanggan. Untuk perusahaan yang memilki area operasional yang luas dan ada area yang tidak terjangkau layanan seluler, teknologi ini akan menyimpan data telematik armada dalam memori internal hingga 21 hari dan akan dikirim ke server saat jaringan tersedia kembali. Teknologi Hino Connect ini didukung oleh tenaga khusus di jaringan dealer Hino yang saat ini sudah memiliki Hino Telematics Officer (HTO).

“Hino Connect dapat membantu pelanggan, melakukan perawatan rutin yang tepat waktu. Selain itu, pelanggan tidak hanya dapat melihat lokasi kendaraan melalui GPS. Tetapi juga catatan kendaraan ketika beroperasi. Dengan Hino connect, waktu operasi kendaraan bisa dimaksimalkan dan meminimalkan biaya operasional," ungkap Takayuki Tsuchida, Direktur HMSI.

About Author

Keberhasilan adalah kemampuan untuk melewati dan mengatasi dari satu kegagalan ke kegagalan berikutnya tanpa kehilangan semangat.

Comment here