Internasional

Penjelasannya Justru Bikin Tertawa Viral Gambar Murid yang Buat Guru Berpikir Anak Didiknya Depresi

Sebuah lukisan atau gambaran tangan seorang murid viral di media sosial karena menimbulkan persepsi yang berbeda antara murid dan gurunya. Gambar itu nampak seperti ada empat orang yang seolah olah gantung diri. Orang dalam gambar itu seperti terikat tali di bagian lehernya.

Dilansir World of Buzz, sang guru pun mengira empat orang itu adalah anggota keluarga si murid yang menggambarnya. Guru itu bahkan mengira siswanya sedang mengalami depresi karena menggambar seperti itu. Ia pun memanggil si murid untuk meminta kejelasan.

Siswa itu pun memberi penjelasan tentang gambarannya. Penjelasan tersebut membuat sang guru tertawa. Muridnya berkata bahwa ia dan keluarga baru saja pergi snorkeling minggu lalu.

Gambar yang dikira tali oleh guru rupanya snorkel, alat untuk membantu pernafasan dalam air. Jika diperhatikan lagi, keempat orang dalam gambar itu memakai kacamata, yang sebenarnya adalah masker selam kedap air. Tak ketinggalan siswa itu juga menggambarkan gelembung udara di atas snorkel yang makin memperjelas bahwa gambar itu adalah gambar keluarga yang sedang menyelam atau snorkling.

Sejak diunggah 17 Oktober lalu, gambaran tangan siswa itu sudah dilikes 12 ribu kali dan dibagikan lebih dari 5700 kali. Seorang netizen kemudian bertanya pada anaknya yang berusia 7 tahun. Ia menunjukkan gambar itu pada anaknya dan bertanya gambar apa itu.

Anak 7 tahun itu kemudian menjawab bahwa gambar itu adalah gambar orang yanng sedang dalam air, yang mulutnya dimasukkan pipa untuk bernafas. "Sepertinya anak anak bisa memahami lukisan anak anak," tulis netizen tersebut. Ada pula netizen lain yang bertanya pada anaknya soal gambar itu.

Anaknya yang berusia 5 tahun menjawab itu adalah gambar orang mandi. Sedangkan anaknya yang berusia 7 tahun berkata gambar itu adalah gambar orang yang sedang menyelam. Sedangkan orang tuanya sendiri berpikiran gambar itu adalah gambar orang gantung diri.

"Anak no 4 (umur 5 tahun) jawab, gambar org tgh mandi laut. Anak no 3 (umur 7 tahun) cakap, org tengah menyelam. Sy plak nampak, mcm org gantung diri. Mungkin kanak2 lebih memahami lukisan kanak2," tulis Izan Halim. Seorang guru nampaknya harus peka terhadap hal hal kecil, termasuk apa yang digambar muridnya. Sebab, bisa saja lukisan yang dibuat murid bisa menjadi bentuk curahan hatinya.

Seperti yang terjadi di Spanyol pada Juli lalu. Seorang ibu ditangkap setelah guru guru sekolah anak perempuannya menemukan coretan gambar yang dibuat bocah tersebut. Seperti yang diberitakan via Daily Mirror, Jumat (5/7/2019), guru guru gadis 11 tahun itu di Marbella, Spanyol selatan mengklaim mereka menemukan gambar yang 'mengganggu' setelah mereka memerhatikan memar di sekujur tubuh anak tersebut

Gambar tersebut memperlihatkan seorang gadis yang babak belur dan memar serta memegang pisau, dengan kata "volare" 'terbang menjauh' dalam bahasa Spanyol tertulis di sampingnya. Gadis itu kemudian menyerahkan buku hariannya kepada gurunya yang menggambarkan pelecehan psikologis dan fisik yang menurutnya telah dideritanya. Dikatakan ibu gadis kecil tersebut memukulnya dan melontarkan kata kata hinaan.

Gadis kecil itu mengatakan,"Mengalahkan saya dan mempermalukan saya memanggil saya bodoh, kotor, gemuk," seperti dikutip dari Daily Mirror. Guru yang peduli dengan muridnya kemudian menghubungi polisi yang menangkap ibunya. Gadis itu, yang tidak disebutkan namanya dalam laporan, kemudian dibawa ke pusat perawatan kesehatan dan sekarang dirawat oleh pihak berwenang.

Ibunya yang berasal dari Maroko, juga tidak disebutkan namanya dalam laporan, mengklaim putrinya mencuri uang darinya dan menamparnya. Jose Antonio Galiani, seorang psikolog spesialis anak anak, mengatakan bahwa sangat jarang menemukan gambar yang begitu eksplisit tentang perlakuan buruk. Menurut Galiani, gambar itu adalah panggilan bantuan yang jelas karena dia menggunakan kata "terbang" dan gadis itu membawa koper sebagai simbol keinginannya untuk melarikan diri.

Gadis itu sekarang berada di bawah perlindungan otoritas setempat namun belum jelas apakah ibunya telah didakwa.

About Author

Keberhasilan adalah kemampuan untuk melewati dan mengatasi dari satu kegagalan ke kegagalan berikutnya tanpa kehilangan semangat.

Comment here