Kesehatan

Penyebab dan Cara Mengatasi Kulit Kering dengan Mudah

Penyebab dan Cara Mengatasi Kulit Kering dengan Mudah

Kulit kering merupakan masalah kulit yang bisa dialami siapa saja, apalagi buat Anda yang aktivitas di luar ruangannya lebih banyak. Ketika mengalami kondisi kulit yang kering ini tentu memberikan dampak negatif karena bisa menyebabkan berbagai masalah kulit yang lebih parah lagi. Berikut penyebab dan cara mengatasi kulit yang kering dengan mudah.

Penyebab Kulit Menjadi Kering

Menggosok kulit
Penyebab yang terdengar paling sepele adalah kebiasaan menggosok kulit dengan menggunakan     spons. Gesekan yang dialami antara alat gosok dan kulit berpotensi merusak lapisan kelembapan yang ada di bagian permukaan kulit. Anda harus hati-hati memilih spons yang digunakan, pastikan berbahan lembut.

Durasi Mandi
Ternyata mandi yang terlalu lama bisa menjadi penyebab kulit kering. Kondisi ini terjadi karena durasi mandi yang terlalu lama nantinya bisa membuat permukaan kulit bisa menguap lebih cepat. Durasi normal untuk mandi sekitar 5-10 menit agar tetap menjaga kelembapan kulit.

Selain itu hindari mandi uap terlalu sering karena suhu air yang panas jika dimandikan terlalu sering dapat membuat minyak alami kulit makin cepat kering. Jika memang  ingin mandi panas, sebaiknya hanya dua atau tiga kali seminggu saja.

Iritasi
Penyebab kulit kering juga bisa karena mengalami iritasi yang terjadi karena kain atau bahan pakaian. Iritasi juga bisa dialami karena penggunaan sabun detergen. Jadi, Anda harus berhati-hati dan teliti menggunakan sabun yang terbaik.

Usia
Usia juga menjadi penyebab terbesar Anda mengalami kulit yang kering. Kondisi usia yang semakin tua membuat berkurangnya hormon untuk kesehatan kulit yang diproduksi tubuh. Penurunan hormon ini seiring waktu akan semakin banyak.

Kondisi Udara
Kondisi udara juga menjadi salah satu penyebab kulit yang kering. Misalnya udara yang terlalu dingin di dalam ruangan sehingga menyebabkan udara di dalam ruangan kurang lembap atau  kelembapan udara yang terlalu rendah juga bisa menjadi penyebab kulit kering.

Cara Mengatasi Kulit yang Kering

Mengeringkan Tubuh
Jangan mengira kalau membiarkan air di permukaan kulit kering sendiri bisa membuat kulit menjadi lembap. Anda harus mengelapnya sampai benar-benar kering agar tidak ada air yang menguap di permukaan kulit. Gunakan handuk yang teksturnya lembut agar tidak merusak lapisan terluar kulit. Waktu terbaik mengeringkan kulit minimal 20 detik.

Gunakan Pelembap
Kulit yang kering bisa diatasi dengan menggunakan pelembap untuk bisa membuat kelembapan kulit bisa kembali setelah selesai mandi. Pelembap ini digunakan sebaiknya dua kali sehari yaitu pagi dan malam hari. Pilih pelembap yang ringan dan sesuai dengan jenis kulit.

Masker Alami
Jika kondisi kulit kering di bagian wajah, Anda bisa mengatasinya dengan menggunakan masker wajah alami dengan tekstur yang lembut. Salah satu bahan alami yang bisa dijadikan masker terbaik adalah kombinasi buah dengan madu.

Tabir Surya
Aktivitas di luar ruangan membuat Anda terpapar kondisi udara kurang sehat untuk kulit. Anda bisa mengatasinya dengan menggunakan tabir surya. Gunakanlah tabir surya yang kandungannya SPF 30 setiap kali akan keluar rumah. Pastikan tabir surya yang telah digunakan menyerap dengan cepat.

Kondisi kulit kering harus segera diatasi dengan menggunakan cara-cara di atas. Jika masalah kulit semakin memburuk, lakukan pemeriksaan ke dokter kulit. Cara lain mencegah kondisi kulit kering dengan menggunakan sabun mandi yang memiliki kandungan untuk melembapkan kulit. Selain melembapkan juga menjaga kebersihan kulit dari berbagai bakteri yang merusak kulit.

About Author

Keberhasilan adalah kemampuan untuk melewati dan mengatasi dari satu kegagalan ke kegagalan berikutnya tanpa kehilangan semangat.

Comment here