Bisnis

Pertamina Salurkan Modal Usaha Rp 100 Miliar Bantu UMKM Terdampak Covid-19

PT Pertamina meluncurkan program kemitraan bekerjasama dengan Asosiasi Business Development Services Indonesia (ABDSI) dengan menyalurkan modal usaha mencapai Rp 100 miliar. Vice President Corporate Communication Pertamina Fajriyah Usman menyatakan hal tersebut untuk mendukung Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di tengah Covid 19. Modal usaha tersebut akan disalurkan bagi UMKM di beberapa titik di Indonesia, mencakup provinsi Riau, Sumatera Utara, DKI Jakarta, Jawa Barat, Banten, Jawa Timur, Bali, NTB, dan Kalimantan Barat. "Paket program kemitraan ini berupa penyaluran dana modal usaha, pendampingan bagi UMKM yang mencakup program pelatihan, mentoring dan coaching," ujarnya melalui keterangan resmi di Jakarta, Sabtu (9/5/2020).

Sementara itu, tahapannya dilaksanakan secara berjenjang dan akan dimonitor perkembangannya ke masing masing mitra binaan untuk menilai efektifitasnya. "Pinjaman tersebut dilakukan secara bertahap. Tahap pertama disalurkan kepada UMKM yang langsung mendapat keuntungan karena Covid 19," kata Fajriyah. Kemudian, tahap kedua adalah kepada UMKM yang siap bangkit disaat Covid 19 selesai dan tahap ketiga untuk sektor lainnya yang bisa berkembang pada situasi normal.

“Saat ini program pemberdayaan UMKM tidak bisa lagi dilakukan secara hit and run dalam penyaluran pinjaman modal bergulir atau hanya sekedar pelatihan saja, tapi harus ada pendampingan yang terukur," pungkasnya.

About Author

Keberhasilan adalah kemampuan untuk melewati dan mengatasi dari satu kegagalan ke kegagalan berikutnya tanpa kehilangan semangat.

Comment here