Internasional

Pihak Istana Malaysia Bantah Adanya ‘Kudeta Kerajaan’ dalam Penunjukan Perdana Menteri Baru

Politik Malaysia sempat memanas beberapa hari lalu. Pasalnya, pemimpin veteran Mahathir Mohamad sempat mendadak mengumumkan pengunduran diri dari posisinya sebagai perdana menteri. Dalam satu hari itu pula, ia ditunjuk menjadi Perdana Menteri Sementera Malaysia oleh sang raja, Tengku Abdullah.

Namun, pada Sabtu (29/2/2020) sore, Yang Dipertuang Agong menunjuk perdana menteri baru untuk Malaysia. Perdana menteri itu bukan Mahathir Mohamad atau pun saingan politiknya, Anwar Ibrahim. Sang Raja diketahui menunjuk Muhyiddin Yassin menjadi perdana menteri baru menggantikan Mahathir Mohamad.

Keputusan tersebut tak hentinya menuai polemik. Dalam menunjuk perdana menteri baru, Raja sempat dituduh menggunakan kekuasaannya untuk menentukan konstitusi. Terkait hal itu, pihak Istana Malaysia membantah tuduhan 'kudeta kerajaan,' Minggu (8/3/2020).

Melansir , kepada The Guardian, Istana mengatakan, Raja Malaysia Sultan Abdullah Sultan Ahmad Shah telah membatalkan hasil pemilihan yang demokratis dengan menunjuk Muhyiddin Yassin sebagai perdana menteri. Diberitakan sebelumnya, Muhyiddin Yassin dilantik pada Minggu (1/3/2020) sebagai kepala pemerintahan. Ia menduduki jabatan perdana menteri dengan memperoleh dukungan dari partai yang Yassin kalahkan dalam pemilihan umum terakhir (2018) lalu.

Pihak Istana mengklaim, telah melampaui kewajiban dengan menemui semua anggota parlemen dan para pemimpin berbagai partai politik. Langkah itu dilakukan sebelum Raja tiba pada keputusannya untuk menunjuk Muhyiddin Yassin seabgai perdana menteri. "Hanya setelah proses konsultasi yang ketat dan transparan ini, sepenuhnya sesuai dengan Konstitusi Feral," terang pihak Isatana.

"Yang Mulia melaksanakan kebijakannya di bawah Konstitusi Federal untuk menunjuk Perdana Menteri baru," tambah pihak Istana melalui pernyataan. "Karena itu, sama sekali tidak dapat dikatakn proses ini dianggap sebagai 'kudeta kerajaan'," terangnya. Lebih jauh, Muhyiddin Yassin diperkirakan mengungkapkan kabinetnya awal mingg depan.

Muhyiddin diketahui telah menunda proses parlemen dua bulan ini di tengah upaya membentuk oposisi.

About Author

Keberhasilan adalah kemampuan untuk melewati dan mengatasi dari satu kegagalan ke kegagalan berikutnya tanpa kehilangan semangat.

Comment here