Lifestyle

Tips Potong Kuku Bayi

Bayi memiliki anggota tubuh yang serba mungil. Meski begitu, tak butuh waktu lama bagiorangtua untuk menyadari kalau kuku bayitumbuh panjang dengan cepat dan sudah waktunya untuk dipotong. Namun, karena bayi memiliki tangan dan kaki yang masih mungil, potong kuku bayi tentu menjadi hal yang tidak mudah. Selain itu Anda juga harus ekstra jeli dan berhati hati saat potong kuku bayi. Sebab si kecil bisa saja kaget dan terluka akibat gunting kuku yangAnda gunakan.

Ada empatlangkah mudah potong kuku bayi. Ketika baru lahir, kuku bayi biasanya masih agak lunak sehingga Anda belum perlu memotong kukunya dengan gunting kuku biasa. Alih alih gunting kuku, Anda bisa gunakan papan pengikir kuku untuk meratakan ujung kuku bayi yang baru lahir.

Meskipun sebagian besar gunting kuku juga aman digunakan untuk bayi yang baru lahir, orangtua cenderung merasa gugup saat mereka memotong kuku si kecil untuk pertama kalinya. Menggunakan papan pengikir kuku dapat mengurangi kecemasan dan memastikan proses potong kuku bayidilakukan tanpa air mata. Ketika bayi baru lahir terjaga, mereka cenderung lebih mudah terkejut.

Daripada memaksa si kecil untuk tetap diam saat terbangun hanya untuk menggunting kukunya, lebih baik lakukan saat si kecil tertidur. Anda bisa lakukan saat si kecil terlelap di waktu tidur siang. Mencoba memotong kuku si kecil untuk pertama kalinya bisa menjadi hal yang sangat melelahkan. Ajak suami atau orang terdekat Anda yang berada di rumah untuk bekerjasama melakukan tugas ini.

Minta pasangan Anda menggenong si kecil dan membuatnya merasa tenang sehingga Anda akan lebih mudah menggunting kukunya. Selain itu, melakukan sesuatu yang sulit dapat terasa jauh lebih mudah ketika Andamelakukannya dengan seseorang yang mendukung Anda. Merawat bayi yang baru lahir memang sulit. Ketika Anda berjuang dan kesulitan saat memotong kuku sikecil ingatlah kalau pada saatnya nanti kegiatan ini akan mulai terasa lebih mudah dan lebih alami.

Apalagi si kecil akan dengan cepat bertumbuh, sehingga Andaakan menyadari tiba tiba ia sudah besar. Nikmati setiap momen perjuangan dan kesulitannya sebagai kenangan yang menyenangkan.Selamat mencoba.

About Author

Keberhasilan adalah kemampuan untuk melewati dan mengatasi dari satu kegagalan ke kegagalan berikutnya tanpa kehilangan semangat.

Comment here