Travel

Wakatobi Bakal Sambut Kunjungan Wisatawan dari Juli 2020

Pemerintah Kabupaten Wakatobi, Sulawesi Tenggara (Sultra), akan kembali membuka kunjungan wisatawan lokal, nusantara, atau mancanegara pada Juli 2020 mendatang. "Kita mengharapkan kunjungan wisatawan dalam luar negeri yang bisa dibuka kembali paling awal Juli 2020, dengan tetap memperhatikan ketentuan protokol kesehatan Covid 19," kata Kadis Pariwisata Kabupaten Wakatobi, Nadar saat berada di Kendari untuk Antara , Senin (22/6) / 2020). Ia mengatakan selama pandemi Covid 19 yang dimulai Maret hingga Juni tahun ini, praktis kunjungan wisatawan lokal, nasional, hingga mancanegara, tergolong nihil sama sekali.

Hal ini terjadi karena arus transportasi khusus sudah tidak ada. Bahkan, kata Nadar, beberapa operator yang bergerak pada layanan wisata di Bali maupun di Jakarta setiap saat mempertanyakan kapan saja kunjungan ke Wakatobi. "Saat ini pemerintah melalui Tim Gugus Tugas COVID 19 kabupaten dan provinsi telah menyetujui untuk segera membuka kembali jalur kunjungan itu dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan," kata Nadar.

Saat ini, kata dia, pesawat terbang yang sudah dibuka itu baru terbang kali dari Bandara Haluoleo Kendari ke Matahora Wakatobi oleh pesawat Wings Air. Sementara di Bandara Tomia dengan jenis pesawat yang sama, dari dan ke Denpasar Bali dua kali seminggu. "Jadi wisatawan yang akan ke Wakatobi, selain menggunakan jalur udara, juga setelah telah dibuka transportasi laut melalui Baubau dengan kapal fery dan kapal cepat Jet Liner," katanya.

Ia menambahkan bahwa fasilitas hotel saat ini telah mencapai 80 unit jenis melati dan satu resor di Wangi wangi yang terletak di bintang satu. Pemkab Wakatobi, kata Nadar, pada awal Januari hingga Februari 2020 jumlah pengunjung wisatawan mencapai angka 28 ribu orang dan sekitar 6.000 wisatawan mancanegara.

About Author

Keberhasilan adalah kemampuan untuk melewati dan mengatasi dari satu kegagalan ke kegagalan berikutnya tanpa kehilangan semangat.

Comment here