Lifestyle

Yuk Simak Cara Wantek Baju Agar Terlihat Seperti Baru

Yuk Simak Cara Wantek Baju Agar Terlihat Seperti Baru

Baju merupakan barang paling penting dalam penampilan Anda. Oleh karena itu, baju yang digunakan harus selalu terlihat rapih dan juga enak di pandang. Bagi sebagian orang, jika baju sudah mulai tidak enak dilihat maka mereka akan membeli baju baru. Padahal dengan cara wantek baju Anda tak perlu membeli baju baru lagi.

Salah satu hal yang membuat baju kurang enak dilihat ialah warnanya yang sudah pudar atau bladus. Sebenarnya hal tersebut bisa Anda atasi tanpa harus membeli baju baru. Hal tersebut tentu bisa lebih menghemat pengeluaran. Jadi, uang belanja Anda bisa lebih aman bukan?

Wantek merupakan merk ternama yang sudah dikenal di seluruh daerah di Indonesia yang biasa digunakan sebagai pencelup pakaian. Umumnya, wantek ini digunakan untuk mewarnai kembalu jeans yang sudah memudar. Pakaian lain juga bisa Anda tambahkan wantek agar warnanya bisa lebih bagus seperti baru.

Cara wantek baju biasanya dilakukan dengan mencelupkan baju tersebut pada cairan wantek tersebut. Pertama-tama Anda harus menyiapkan alat dan juga bahan yang terdiri dari panci besar, kompor, pengaduk, sarung tangan, air, wantek, jemuran dan terutama pakaian yang akan di celup dengan wantek.

Sebelumnya pisahkan atau kumpulkan baju yang akan Anda celup dengan wantek. Pastikan Anda mengumpulkan baju sesuai dengan warna dan jenis bahan masing-masing. Kemudian, kumpulkan baju dengan jumlah yang tidak terlalu banyak. Tujuannya agar proses pencelupan bisa lebih maksimal sehingga hasilnya pun bisa lebih maksimal.

Dalam cara ini terdapat alat yang harus diperhatikan. Misalnya panci untuk mencelup baju yang Anda inginkan. Ukuran panci yang digunakan harus sesuai dengan banyaknya baju yang akan dicelup dengan wantek. Pastikan panci yang digunakan berukuran pas dan juga kuat. Sebab, nantinya baju akan diaduk-aduk agar larut dengan wantek tersebut.

Setelah baju dan panci siap, kemudian tuangkan air kedalam panci secukupnya. Untuk 3 liter air Anda memerlukan 1 sampai 2 bungkus wantek. Sebagian masyarakat ada yang menambahkan garam pada larutan air dan wantek tersebut sebanyak 1 sampai 2 sdm. Tujuannya agar hasilnya bisa lebih maksimal. Penggunaan garam merupakan opsional. Bisa digunakan dan tidak pun tidak masalah.

Cara wantek baju berikutnya, nyalakan kompor lalu biarkan air mendidih dengan api sedang. Aduk sesekali agar larutan tersebut tercampur dengan baik. Gunakan alat pengaduk berbahan kayu agar lebih mudah mengaduknya. Jika sudah mendidih maka cairan tersebut sudah bisa dimasukkan baju yang sudah disiapkan.

Pada saat memasukkan baju tersebut Anda harus memakai sarung tangan berbahan karet atau plastik. Sarung tangan digunakan agar cairan wantek tidak menempel di bagian tangan terutama bagian kuku. Masukkan satu persatu baju yang sudah dipilih. Hati-hati saat memasukkan baju agar tidak terkena uap air panas karena kompor masih dalam keadaan nyala. Aduk kembali larutan pakaian tersebut agar cairan merata pada semua baju.

Kemudian angkat baju tersebut dan tiriskan pada alat jemuran atau gantungan. Hati-hati saat mengangkat baju tadi karena keadaannya masih panas. Jika sudah dingin, baju tersebut bisa Anda bersihkan dan bilas agar sisa warna-warna baju dari wantek tadi merata dan bersih. Setelah itu jemur baju tadi seperti biasa hingga benar-benar kering.

Jika sudah kering setrika baju tersebut hingga rapih. Cara wantek baju berakhir pada tahap penyetrikaan. Hati-hati dalam melakukan setiap cara tersebut. Dengan begitu hasil pewarnaan baju akan lebih bagus dan baju Anda bisa terlihat baru kembali.

About Author

Keberhasilan adalah kemampuan untuk melewati dan mengatasi dari satu kegagalan ke kegagalan berikutnya tanpa kehilangan semangat.

Comment here